Latest Updates

10 Makanan Sumber Kalsium Tinggi

Nutrisi kebutuhan tubuh setiap hari sangat banyak dan beragam, mulai dari gizi, kalori, kaslium, vitamin dan masih banyak lagi, kesemuanya itu harus kita penuhi dengan volume dan porsinya masing-masing supaya badan selalu dalam keadaan fit, sehat, kebal terhadap serangan penyakit dan virus. Pada postingan kali ini kita akan membahas apa itu kalsium dan bahan makanan apa yang banyak mengandung kalsium.

Kalsium merupakan elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20 adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia terutama dalam metabolisme tubuh, dan mencegah tulang keropos apalagi bagi para manula dan ibu hamil akan sering mengeluh tentang masalah tulang seperti sakit kram apabila kekurangan kalsium.

Fungsi yang paling utama kalsium adalah pembentukan tulang dan gigi, maka dari itu cermatilah asupan kalsium dalam tubuh lebih-lebih bagi bayi, ibu hamil, dan anak-anak dalam masa pertumbuhan supaya diusia tua nanti tidak ada keluhan tentang tulang.
Makanan sumber kalsium

Dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai nilai kalsium tinggi akan membantu anda dalam memenuhi nutrisi kalsium dalam tubuh, berikut ini adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi.

10 MAKANAN SUMBER KALSIUM TINGGI
  • Susu
Susu adalah minuman penghasil kalsium paling tinggi urutan pertama, akan tetapi bukan sembarang susu karena kebanyakan produk susu sekarang ini sudah banyak mengandung bahan-bahan kimia yang justru sangat berbahaya bagi tubuh seperti bahan pengawet, dan pewarna. Maka dari itu pilihlah susu yang benar-benar higienis dengan membaca komposisi dari salah satu produk tertentu, atau pilih saja susu yang masih alami dari hasil pemerasan susu.
  • Sarden
Sarden merupakan olahan ikan laut yang dikemas sedemikian rupa hingga menjadi ikan kalengan seperti ikan tuna dan salmon. Sarden memiliki kandungan kalsium hingga 33% sehingga baik dikonsumsi seminggu sekali.
  • Bayam
Jenis sayuran ini banyak sekali mengandung kalsium, harganya murah serta mudah sekali kita temukan dipasar maupun ditaman-taman karena tumbuhan bayam mudah sekali hidup di taman liar.
  • Kubis dan Brokoli
Menurut penelitian kedua sayuran ini benyak mengandung kalsium dan juga vitamin K.
  • Kacang-kacangan
kacang-kacangan seperti kacang almond, kedelai, tofu, tempe, dan biji-bijian juga mengandung kalsium antara 70-80 mg.
  • Keju
Sangat jelas sekali karena keju terbuat dari susu sehingga mengandung kalsium yang diperlukan oleh tubuh.
  • Yogurt
Dengan mengkonsumsi 8 ons yogurt saja bisa menghasilkan 415 mg kalsium yang diserap oleh tubuh.
  • Jeruk
Selain dikenal dengan kandungan vitamin C buah jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.
  • Kale
Sayuran dari jenis brassica ini memilik banyak kalsium karena 3,5 cangkir kale saja lebih bermanfaat ketimbang satu gelas susu (1 cangkir kale = 90 mg kalsium)
  • Lobak
Satu cangkir lobak yang sudah direbus bisa menghasilkan 200mg kalsium.

Demikianlah beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh kita, selalu amatilah asupan makanan yang kita konsumsi disetiap harinya kemudian diseimbangkan dengan gizi yang lain supaya badan kita selalu sehat dan terkontrol karena dengan kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terganggu dan terhambat sehingga menyebabkan osteoporosis.

2 Responses to "10 Makanan Sumber Kalsium Tinggi"